“Sepanjang hidup adalah ibadah dan perjuangan“, “ngeblog dengan taste“, “Tuk Sejenak Merenung dan Tersenyum“,
begitulah beberapa tagline atau slogan yang kita temukan dibeberapa
blog. Tagline sangat penting untuk menarik perhatian user. Dengan
membaca tagline blog tersebut, user atau pembaca bisa meraba dan
memvonis blog macam apa yang sedang dihadapinya.
Begitu pentingnya tagline menarik perhatian user, sebaiknya harus
berhati-hati dalam menentukan slogan atau tagline. Jangan pernah memakai
kata-kata atau frase yang memberi kesan negatif. Misalnya, blog
anbal-abal, blog orang bodoh, hanyalah blog bla bla bla… atau frase yang
merendahkan diri sendiri.
Tagline adalah kata kunci yang bisa mengidentifikasikan misi, janji
dan brand blog Anda. Sehingga dengan sekali membaca, user akan menangkap
apa makna yang terkandung di dalam tagline tersebut. Selain itu user
juga akan tahu apa yang ditawarkan blog anda dan apa menariknya sehingga
blog tersebut harus dikunjungi kembali.
Berikut cara membuat tagline yang menarik:1. Tentukan tujuan atau misi blog Anda.
Untuk mencapai tujuan di atas tersebut, tak perlu memakai kata-kata
canggih agar dianggap cerdas. Namun gunakan kata-kata sederhana yang
jelas maksudnya Tidak bersayap, apalagi dengan kosa kata yang tak asing
atau tidak umum . Dalam dunia copy writing menyebutkan, “Be clear, not
clever”.
2. Lalu apa?
Tagline yang menarik setidaknya mengandung dua elemen yang terdiri
dari misi blog dan janji kepada pembaca. Lalu bertanyalah pada diri
sendiri, setelah itu lalu apa? Seharusnya jawabannya adalah manfaat apa
yang diperoleh user atau pembaca dari blog tersebut. Ini penting. Dengan
menambahkan manfaat pada tagline, anda sudah mengatakan kepada pembaca
apa saja yang diperoleh dari blog anda.
3.Anda sudah membuat misi dan pembaca tahu apa pentingnya membaca blog anda. Namun di dunia online, you are not unique or beautiful snowflake. you are the same decaying organic matter as everything else,
kata tyler durden dalam bukunya fight club. Orang tidak tahu siapa
kita. Untuk membedakan dengan blogger lain, anda harus membuat tagline
anda merefleksikan siapa diri anda dan apa tujuan anda membuat blog.
Tagline adalah salah satu bentuk iklan di blog anda yang akan menarik
pembaca untuk terus kembali membaca postingan-postingan terbaru Anda.
Jadi pastikan membuat tagline yang simple namun gampang diingat orang.
sumber : http://blogdetik.com/2009/07/23/cara-membuat-tagline-yang-menarik/
Hi.
ReplyDeleteMy name is Andrew, I represent NewForex brokerage company.
We would like to discuss partnership with You.
Please contact me.
My contacts:
Mail: partnership@newforex.com
Skype: partnership.newforex